SRAWUNG BUDAYA Jajar Gumregah dihadiri Wakil Bupati Trenggalek

pemdes jajar 04 April 2022 06:24:16 WIB

Selasa (29/03/2022) kegiatan Srawung Budaya digelar di Paseban Kumbokarnan Kafe Sawah Taman Jajar Gumregah Desa Jajar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek.

Srawung Budaya ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Megengan Show yang sudah dilaksanakan pada 27 Maret kemarin. Dengan mengangkat tema "Nasionalisme Kumbokarno dan Desa Wisata" yang menghadirkan narasumber-narasumber yang luar biasa, diantaranya :

  • Imam Mukaryanto Edy / Mbah Ime (Kepala Desa Jajar)
  • Kang Wito (Pelukis, Budayawan Desa Jajar)
  • Syah M. Natanegara (Wakil Bupati Trenggalek)
  • Ki Brian Arfirsta (Dalang Milenial)
  • Ki Septa (Kakang Mbak Yu Trenggalek)
  • Drs. Sunyoto (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek)
  • Joko Purwito, SPT (Kabid Kebudayaan)
  • Muntahibun Nafis (Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat – LP2M)
  • Raden Zamzuri (Moderator/Media Kabar Trenggalek).
  • dan beberapa pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek turut meramaikan acara Srawung Budaya tersebut.

Tema ini merupakan tema yang unik bagi Mbah Ime sendiri. Sebagaimana disampaikan oleh Fahmi--selaku perwakilan KKN MDB yang memberikan pengantar terkait tema yang diangkat. Kumbokarno dikaitkan dengan perubahan, yang ada dalam kisah pewayangan. Kumbukarno hidup di tengah-tengah masyarakat yang unik dan kompleks, namun ia memiliki semangat nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah airnya. Meskipun ia memiliki fisik raksasa, tapi nuraninya melebihi manusia mulia pada umumnya.


Acara digelar santai dengan penampilan grub musik Jajar "Kanza Mahfia Acoustic" dan Seni Tari Candik Ayu oleh anggota KKN MDB sebagai pra acara. Kemudian dilanjut dengan acara inti, yakni penyampaian materi oleh beberapa narasumber.


"Tidak ada gunanya menghafal sejarah, memahami budaya, dan melestarikan tradisi, apabila tidak dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Syah di tengah penyampaian materi. Karena bagi Syah, tiap zaman memiliki warnanya sendiri. "Baik pada tempatnya, baik pada zamannya," imbuhnya.
Susi---salah satu peserta Srawung Budaya menjelaskan bahwa tiap tahun runtutan agenda Megengan Show selalu dilaksanakan setiap tahun, tetapi pada tahun 2019 dengan adanya Covid-19 yang hadir menjadi momok besar sehingga runtutan agenda menjadi lebih disederhanakan dan tidak semeriah kali ini. Ditambah lagi hadirnya teman-teman KKN dari UIN Tulungagung yang turut mengsukseskan acara," jelas Susi.

 

Penulis : UT

Pemdes Jajar

***

 

Komentar atas SRAWUNG BUDAYA Jajar Gumregah dihadiri Wakil Bupati Trenggalek

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

YOUTUBE JAJAR GUMREGAH (Subscribe ya??)

Lokasi Jajar

tampilkan dalam peta lebih besar