PEMDES JAJAR PEDULI KAUM DISABILITAS

pemdes jajar 22 Juni 2021 19:08:14 WIB

Pemerintah Desa Jajar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur pada Senin, 21 Juni 2021 menyerahkan seperangkat alat-alat pertukangan antara lain Gergaji, Kikir, Arit dan Grenda kepada EKO YULI ISNANTO, seorang Disabilitas yang mengalami Over Weight/Obesitas, didampingi oleh Bhabinkamtibmas Busairi Muklis dan seluruh Perangkat Desa Jajar bertempat di Aula Balai Desa Jajar.

Seperti yang pernah kita liput sebelumnya,

berikut beritanya :

Dalam kondisi terbatas dalam beraktivitas, tak akan menjadi penghalang seseorang untuk mengubah kehidupannya. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Eko Yuli Isnanto ini. Remaja kelahiran 2005 silam tersebut terus berkarya, mulai dari menyervis lampu, menganyam reyeng, hingga membuat kerajinan dari cangkang (batok) kelapa meski mengalami over weight.

Menurut keterangan ibu dari Eko Yuli Isnanto, Suyanti, anaknya memiliki keterbatasan dalam beraktivitas diawali dengan naiknya berat badan sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Dia mengatakan, Eko termasuk over weight, tapi dia tak berhenti berkreativitas untuk mengembangkan diri. Meski putus sekolah, dia tetap percaya diri.

“Awalnya anak saya (Eko, red) lahir normal-normal saja, tapi sekilas perkembangan badannya tumbuh cepat semenjak duduk di bangku SD,” jelasnya.

Berbekal keuletan dan kegigihan dalam berkreativitas, Eko mampu menjual kerajinan dari cangkang kelapa ke pasar-pasar terdekat melalui ibunya. Eko menitipkan barang hasil kerajinan tangannya untuk diperjualbelikan di pasar dengan harga Rp 3.000.

Eko pun mampu melayani pesanan pelanggan 150 biji per bulan. Namun, terkadang pesanannya menurun hingga hanya 3 buah dalam sebulan.

“Pemasaran selama ini saya dibantu ibu untuk menjual ke pasar. Awal mula keinginan membuat kerajinan dari cangkang kelapa ini iseng aja liat di YouTube, ternyata ada nilai ekonominya. Ya itung-itung bisa buat beli paketan dan membantu orang tua,” jelas Eko.

 

Selain membuat kerajinan dari cangkang kelapa, dia juga berkreasi di dunia elektronik servis lampu dengan berbekal alat seadanya dan ilmu otodidak yang dia miliki.

“Dulu saya pernah iseng servis lampu, tapi saat ini alatnya rusak, ya berhenti mencari alternatif lain,” sambung Eko.

Eko Yuli Isnanto begitu cekatan dalam membuat kerajinan. (Foto: Zamz/Tugu Jatim)
Eko Yuli Isnanto begitu cekatan dalam membuat kerajinan.

Berhadapan dengan sepinya pesanan kerajinan cangkang kelapa, Eko tak putus asa. Semangat remaja berusia 16 tahun tersebut begitu menggebu dan tampak cekatan dalam membantu ibunya menganyam wadah ikan (reyeng, red). Tak tanggung-tanggung, setiap hari dia mampu membuat 200 wadah ikan dari pukul 07.00-12.00.

“Kalau pesanan tidak ada sama sekali, ya membantu orang tua menganyam wadah ikan dari bambu. Kalau baru ada pesanan, ya dikerjakan semampunya,” tandasnya.

 

 

Pemerintah Desa Jajar berkomitmen akan terus menganggarkan Kepada Penyandang Disabilitas setiap Tahunnya sesuai dengan MUSRENA KEREN. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Desa Jajar dalam membantu warga penyandang disabilitas di  Desa Jajar Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Provinsi Jawa Timur. Semoga bantuan ini dapat dipergunakan dan bermanfaat. Amiin...

 

***

Komentar atas PEMDES JAJAR PEDULI KAUM DISABILITAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

YOUTUBE JAJAR GUMREGAH (Subscribe ya??)

Lokasi Jajar

tampilkan dalam peta lebih besar