MUSDESUS PENETAPAN HASIL PENDATAAN SDGs TAHUN 2021 DESA JAJAR

pemdes jajar 22 Juni 2021 17:58:13 WIB

Pada Hari Rabu 16 Juni 2021 Pemerintah Desa Jajar, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek Provinsi Jaw Timur, menyelenggarakan musyawarah desa khusus (Musdesus) dalam rangka penetapan data SDGs (Sustainable Development Goals) Desa tahun 2021. Musdesus dilaksanakan di Balai Desa Jajar mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

Hadir dalam musyawarah tersebut kepala desa beserta perangkat desa, ketua BPD beserta anggota, dan tim Pokja (Kelompok Kerja) pemutakhiran data SDGs. Turut hadir sebagai narasumber tim dari Pendamping Desa Kecamatan Gandusari.

Materi pembahasan MUSDESUS dalam penetapan hasil pemutakhiran data SDGs Tahun 2021, meliputi :

1. Servey Desa

Meliputi data lokasi, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDes, aset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, insfrastruktur dan lainnya.

2. Survey Rukun Tetangga (RT)

Jumlah RT yang telah didata sebanyak 21 RT dari 5 RW, yang terdiri dari data lokasi, pengurus RT/RW, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasiltas ekonomi, insfrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama/sosbud, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga.

3. Survey Keluarga

Jumlah keluarga yang telah didata sebanyak 1117 keluarga, yang terdiri dari data lokasi dan pemukiman, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain.

4. Survey Individu

Jumlah individu yang telah didata sebanyak 2903 jiwa/individu, yang terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan.

 

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah menyepakati hasil survey Desa, RT, Keluarga dan Individu, yang berketepatan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa khusus penetapan hasil pemutakhiran data SDGs Desa Tahun 2021.

Dengan selesainya dan telah ditetapkannya hasil pemutakhiran data SDGs Desa Tahun 2021, diharapkan tujuan pembangunan berkelanjutan dapat segera diimplementasikan. Sehingga pembangunan desa berkelanjutan dalam upaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa peduli kesehatan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli pendidikan, desa ramah lingkungan dan desa tanggap budaya dapat tercapai sesuai harapan.

 

***

Komentar atas MUSDESUS PENETAPAN HASIL PENDATAAN SDGs TAHUN 2021 DESA JAJAR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

YOUTUBE JAJAR GUMREGAH (Subscribe ya??)

Lokasi Jajar

tampilkan dalam peta lebih besar