Meriahnya Megengan Show : Festival Anvbengan Rakyat

pemdes jajar 28 Maret 2024 12:07:27 WIB

Tradisi Megengan Show adalah sebuah tradisi Jawa yang dilakukan sebagai bentuk rasa bahagia dan senang dalam rangka menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan. atau sebagai upaya untuk mendapatkan berkah dari Tuhan. Megengan Show di Desa Jajar ini dilakukan dengan cara makan bersama-sama dengan menu makanan tertentu, seperti lengkong dari pohon pisang.

Selain sebagai bentuk syukur, Megengan juga dapat dilakukan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Megengan sering diadakan di rumah-rumah warga atau di tempat-tempat ibadah seperti masjid atau surau. Namun ini berbeda dengan di Desa Jajar, Kegiatan Megengan Show ini di laksanakan di Taman Wisata Jajar Gumregah yang merupakan tempat kebanggan warga desa Jajar. 

Kegiatan Megengan Show ini dilaksanakan dengan berbagai rangkaian acara antara lain Jamasan, Kirab Buceng Agung, Pementasan Salalahuk dan Festival Ambeng rakyat. 

Selain dari segi makanan, Megengan juga memiliki makna sosial yang penting. Tradisi ini memperkuat hubungan antaranggota masyarakat karena mereka berkumpul dan saling berbagi dalam momen yang penuh kebersamaan ini. Megengan juga merupakan bentuk solidaritas sosial di masyarakat Jawa, di mana orang saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam kebaikan dan kesulitan.

 

Komentar atas Meriahnya Megengan Show : Festival Anvbengan Rakyat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

YOUTUBE JAJAR GUMREGAH (Subscribe ya??)

Lokasi Jajar

tampilkan dalam peta lebih besar