Kondisi Umum Desa

01 Februari 2017 02:19:07 WIB

  1. Kondisi Geografis

Batas-batas wilayah Desa Jajar  sebagai berikut :

  • Sebelah Utara :           Desa Sukorejo
  • Sebelah Timur :           Desa Watuagung
  • Sebelah Selatan :           Desa Ngrayung
  • Sebelah Barat :           Desa Wonorejo

Wilayah Desa Jajar terdiri dari wilayah darat seluas + 531.137 Ha. Topografi wilayah Desa Jajar terdiri dari 2 bagian adalah wilayah dataran rendah dan bagian adalah wilayah pegunungan. Keseluruhannya memiliki kontur ketinggian antara 0 sampai dengan 1500 m di atas permukaan air laut. Wilayah dataran rendah membentang di 2 Dusun, yaitu Dusun Krajan dan Dusun Kebon Sisanya merupakan wilayah yang memiliki kontur perbukitan dan pegunungan. Sedangkan kemiringan tanah pada wilayah dataran rendah berkisar 0 % - 15 % dan pada wilayah pegunungan berkisar 16 % - 40 %. Secara lebih rinci sebagai berikut :

NO.

KEMIRINGAN (%)

KATEGORI

JUMLAH (%)

1.

0 – 2%

Datar

40%

2.

2 – 15%

Landai

20%

3.

15 – 40%

miring

30%

4.

> 40%

curam

10%

 

Menurut administrasi pemerintahannya, wilayah Desa Jajar terdiri dari 3 (tiga) Dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Kebon dan Dusun Belik Lebih lanjut didukung oleh lembaga kemasyarakatan yang ada di desa, yaitu Rukun Tetangga (RT) sebanyak 21, Rukun Warga (RW) sebanyak 5, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK),  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Karang Taruna, dan Linmas.

 

  1. Gambaran Umum Demografis

Berdasarkan hasil pemutakhiran data penduduk oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Trenggalek, jumlah penduduk Desa Jajar pada akhir tahun 2017 adalah 2.964 jiwa terdiri dari 1.467 jiwa penduduk laki-laki dan 1.497 jiwa penduduk perempuan, dengan jumlah Kepala Keluarga sejumlah 1.086. Dari jumlah tersebut kepadatan penduduk Desa Jajar mencapai 0,17 per km.

Adapun menurut mata pencahariannya, penduduk Desa Jajar mayoritas bekerja di sektor swasta, disusuk sektor  pertanian, Pegawai negeri Sipil, perdagangan dan jasa/kontraktor. Secara rinci komposisi penduduk berdasarkan mata pencaharian dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

NO.

MATA PENCAHARIAN

JUMLAH

Laki-Laki

Perempuan

1.

Petani

225

190

2.

Buruh Tani

 720

699

3.

Buruh Migran

 20

16

4.

PNS

11

3

5.

Pengrajin Industri Rumah Tangga

 151

145

6.

Pedagang Keliling

5

9

7.

Peternak

4

-

 

Dalam rangka memberikan kemudahan penyelenggaraan pendidikan bagi penduduk usia sekolah guna  peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat Desa Jajar, Pemerintah Desa Jajar bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Dharma Wanita serta berbagai yayasan telah menyediakan sarana pendidikan yang cukup memadai. Adapun sarana pendidikan yang ada di Desa Jajar sebagai berikut :

 

 

 

 

NO.

TINGKAT PENDIDIKAN

NAMA LEMBAGA PENDIDIKAN

1.

PAUD

-   PAUD Tunas Bangsa

-   PAUD Karang

 

1.

TK/RA

-   TK Dharma Wanita I

-   TK Dharma Wanita II

-   RA Karang

 

2.

SD/MI

-   SDN 1 Jajar

-   SDN 2 Jajar

-   MI Jajar

 

 

Dari segi tingkat kesehatan penduduk, status gizi masyarakat dalam kondisi sedang disebabkan oleh faktor ekonomi hal tersebut ditandai oleh.mayoritas petani (indikator angka kematian ibu hamil, bersalin, nifas dan kematian bayi).

 

  1. Kondisi Ekonomi

Potensi perekonomian yang menjadi potensi unggulan di Desa Jajar adalah :

A. Pertanian

Potensi pertanian di Desa Jajar yang menjadi ungggulan antara lain padi, luas areal tanam dan produksi untuk komoditas unggulan pada tahun 2017 adalah sebagai berikut :

1)    Tanaman pangan yang menjadi komoditas unggulan adalah Padi, dengan luas areal 78 Ha dan realisasi produksi sebesar 5 ton/ha sedangkan untuk Jagung Sawah luas areal 12 Ha dan realisasi produksi sebesar 4 ton/ha.

2)    Tanaman holtikultura yang menjadi komoditas unggulan adalah Kedelai dengan luas areal 6 Ha dan realisasi produksi sebesar 1 ton/ha.

3)    Tanaman perkebunan yang menjadi komoditas unggulan adalah Ubi Kayu dengan luas areal 20 Ha dan realisasi produksi sebesar 5,5 ton/ha sedangkan Jagung Ladang luas areal 43,8 Ha dan realisasi produksi sebesar 3 ton/ha

 B.Home industri /kerajinan

Home industri yang menjadi unggulan di Desa Jajar adalah anyaman bambu (Gedek) serta Reyeng pada tahun 2017 jumlah industri sebanyak    buah dengan hasil produksi sebesar 10.000 lembar

 C. Peternakan

Potensi peternakan di Desa Jajar tahun 2017 yang menjadi unggulan antara sebagai berikut :

  1. Sapi sebanyak 57 ekor
  2. Ayam Kampung sebanyak300 ekor
  3. Bebek sebanyak 800 ekor
  4. Kambing sebanyak 980 ekor

#dataLPPDES2017

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

YOUTUBE JAJAR GUMREGAH (Subscribe ya??)

Lokasi Jajar

tampilkan dalam peta lebih besar