FESTIVAL DOLANAN TRADISIONAL DAN LAUNCHING BUKU PEDOMAN DOLANAN TRADISIONAL

pemdes jajar 25 Juli 2022 13:40:03 WIB

Dolanan tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Kebanyakan permainan ini dilakukan dengan cara kelompok. Kehidupan masyarakat di masa lalu yang bisa dibilang tidak mengenal dunia luar telah mengarahkan dan menuntun mereka pada kegiatan sosial dan kebersamaan yang tinggi.

Mungkin kita melihat permain tradisional itu sederhana, ternyata filosofi permainan tradisional tidak sesederhana yang kita lihat. Masa kecil kita memang lebih sering diwarnai dengan berbagai macam permainan, baik itu berupa gadget maupun mainan tradisional. Tiada hari tanpa main pokoknya. Baik bermain bersama teman maupun dengan orang tua pada saat itu.

Tapi siapa sangka kalau ternyata setiap permainan tradisional yang kita mainkan itu mengandung makna filosofis yang sangat dalam. Rupanya memang leluhur-leluhur kita yang menciptakan ragam permainan tradisional itu memang sengaja menyisipkan makna yang dalam. Seperti mencoba mendidik kita dengan cara mengaplikasikannya ke dalam sebuah permainan. Entah kita menyadarinya atau tidak.

Kali ini di Desa Jajar mengadakan Acara Festival Dolanan yang dilaksanakan pada sabtu pagi (25/06/2022) sekitar jam 08.00 WIB. Festival Dolanan dibuka dengan launcing buku pedoman dolanan tradisional dengan diiringi dengan bunyi dari mercon bumbung.

Acara Festival Dolanan dihadiri oleh semua peserta didik dan tenaga pendidik Lembaga Pendidikan formal yang ada di desa Jajar. Terdapat tiga sekolah dasar yang ada di desa Jajar yang terdiri dari SDN 1 Desa Jajar, SDN 2 Desa Jajar, dan MI Desa Jajar. Keantusiasan anak-anak tak dapat dibendung, hal itu dapat dilihat dari kedatangan mereka yang mulai dari jam 07.00 mereka sudah memenuhi arena lapangan desa Jajar.

“Dolanan tradisional merupakan suatu permainan yang baik bagi jiwa dan raga anak. Hal itu perlu dilestarikan, jangan biarkan anak-anak kecanduan dengan gawai. Mari kita ajak anak-anak untuk bermain permainan tradisional” ucap Bapak Imam Mukaryanto Edi selaku kepala desa Jajar pada saat launcing buku Pedoman Dolanan Tradisional. Acara ini bertujuan untuk menghidupkan dan melestarikan kembali permainan tradisional yang mulai dilupakan dan ditinggalkan oleh anak-anak di desa Jajar.

Terdapat delapan permainan tradisional yang dapat dimainkan pada acara Festival Dolanan, yang terdiri dari 1) congklak, 2) cublak-cublak suweng, 3) gobak sodor, 4) engrang, 5) engklek. 6) lompat tali, 7) gelungan, 8) ular naga. Teknis permainan ialah dengan cara panitia menyediakan delapan kavling yang masing-masing kavling sudah terdapat alat-alat permainan sesuai dengan kebutuhan permainan. Dalam masing-masing kavling juga sudah terdapat beberapa penanggungjawab dan pemandu kavling yang terdiri dari mahasiswa KKN dan anggota IPNU dan IPPNU ranting Jajar.

Festival Dolanan Tradisional dan Launching BUku Pedoman Dolanan Tradisional Jajar Gumregah ini bisa anda lihat di Youtube :

https://www.youtube.com/watch?v=DjAAM9kgu0Y

 

 

Komentar atas FESTIVAL DOLANAN TRADISIONAL DAN LAUNCHING BUKU PEDOMAN DOLANAN TRADISIONAL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

YOUTUBE JAJAR GUMREGAH (Subscribe ya??)

Lokasi Jajar

tampilkan dalam peta lebih besar