Megengan Show: Mengenal Pelestarian Budaya Agama dan Jawa Dalam Konteks Menyambut Bulan Ramadhan

pemdes jajar 04 April 2022 05:54:27 WIB

Megengan Show Festival Ambengan Rakyat 2022 diselenggarakan di halaman rumah Kepala Desa Jajar, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek pada Minggu (27/03/2022).

Acara Megengan Show dihadiri oleh seluruh warga desa Jajar dan tamu undangan yang terdiri dari Bupati Trenggalek, Camat Gandusari, Dosen UIN Satu Tulunggaung dan tamu undangan lainnya.

Mbah Ime—Sapaan akrab kepala desa Jajar menjelaskan maksud diselenggarakannya kegiatan Megengan Show adalah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan cita-cita menyatukan budaya Jawa dengan agama Islam. Seperti yang dikatakan oleh dalang Brian bahwa budaya tanpa agama itu buta begitupun sebaliknya, agama tanpa budaya itu tuli. diadakannya Magengan  Show guna untuk menyambut bulan suci ramadhan dengan dimeriahkan dari berbagai penampilan. Selanjutnya di lanjutkan dengan penyerahan secara simbolik bibit tanaman guna sebagai penghijauan.

Megengan sudah menjadi tradisi turun temurun dari masyarakat Jawa. Menurut masyarakat jawa, magengan sebagai wujud syukur dalam menyambut bulan suci Ramadhan, di Desa Jajar dikemas dengan penamaan magengan show. Pada pelaksanaannya, acara ini disambut dengan antusias oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Didalamnya terdapat berbagai rangkaian kegiatan mulai dari penampilan Grup Sholawat kenamaan desa Jajar yaitu Kanza Mafia diiringi Tari Sufi, sambutan-sambutan yang bersangkutan, penyerahan simbolis bibit pohon, Dialog Budaya oleh Dosen UIN, Arak arakan Ambeng dan selanjutmya di purak, seni tradisi SALALAHUK, hingga berbagai tampilan tari seperti Tiban, Candik Ayu dan ditutup dengan Pagelaran Wayang Padat oleh Ki Jaka Arogya Permadi (salah satu Dalang Milenial yang dimiliki Desa Jajar).

Dalam proses menjaga kelestariannya, di Jawa tradisi megengan diartikan sebagai menahan, sedangkan dalam konteks bulan Ramadhan berarti menahan hawa nafsu. Desa Jajar melestarikan tradisi megengan dengan konsep yang unik. Memadukan budaya tradisional dan modern untuk menarik perhartian dari segala elemen masyarakat. Di Desa Jajar cara melestarikan budaya ini dengan mengadakan acara Megengan Show yang sudah berkembang sejak lalu. Ditandai dengan pembacaan shalawat Salalahuk atau shalawat yang dilantunkan setelah shalat tarawih.

Dalam sambutannya Bupati trenggalek berpesan “Mari kita semua sama-sama berusaha istiqomah melestarikan tradisi magengan sebelum memasuki Ramadhan sebagai bukti menyambut bulan Ramadhan dan semoga apa yang didalam riwayat Rasulullah, benar-benar kita semua tidak tersentuh dengan api neraka, karena kita semua bahagia menyambut adanya bulan Ramadhan,”.

 

 

***

Komentar atas Megengan Show: Mengenal Pelestarian Budaya Agama dan Jawa Dalam Konteks Menyambut Bulan Ramadhan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

YOUTUBE JAJAR GUMREGAH (Subscribe ya??)

Lokasi Jajar

tampilkan dalam peta lebih besar